Beredam di Antara Salju di Mongolia

Mongolia terkenal akan suku pengembara dan padang rumput yang luas. Namun pada saat musim dingin, traveler bisa mencoba untuk berendam air panas di antara salju. Beda Man ! 

Tak sabar rasanya ingin segera tiba di tujuan kami berikutnya setelah berjam-jam mengemudi. Sekilas tampak hanya grass land dan jalan tanpa akhir, ditambah lagi cuaca Mongolia yang ekstrim. Lambaian kasur empuk dan kolam air panas di Duut Resort yang akan kami tuju sudah bergejolak di otak.


Duut Resort merupakan resort paling wah di tengah pemandian air panas dan dikategorikan sebagai Ger Camps yang oke banget di Mongolia. Maklumlah, Ger Camps tempat kami menginap sebelumnya, merupakan tempat tinggal orang lokal dengan fasilitas seadanya. 

Namun Ger Camp yang satu ini dibuat khusus sesuai kebutuhan traveler, tiap kamar disediakan tungku lengkap dengan kayu bakar sebagai pemanas dan listrik sebagai penerangan kamar. Rangka Ger Camp dari Duut Resort terbuat dari kayu lokal termasuk resto asik yang menyajikan menu lokal dan western 


Selfie di depan Duut Resort
Dua kolam pemandian air panas berada di lembah hijau di bawah kaki gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi, tepatnya di Provinsi Arkhangai, Mongolia. Ada dua kolam air panas yang terletak di belakang restoran, lengkap dengan kamar ganti. Guys, Sebelum berendam, baca dulu aturannya yang terpampang lebar di luar dinding kayu.


peraturan nyebur ke kolam pemandian air panas

Hari telah gelap saat kami tiba dan gerimis pun turun, membuat cuaca semakin dingin menusuk hingga ke tulang, my sweet teeth pun ikut kedinginan terkena terpaan angin dingin. Ingin segera berendam di kolam air panas tersebut. 

Setelah check-in, unpack langsung dechh bbbbbrrrrrr nyemplung dalam kolam hangat... Hhhhmm sentuhan air hangat dari alam memang beda rasanya, Kedalaman kolam sebatas pinggang orang dewasa. Masih ingin berendam lebih lama lagi, namun "kampung tengah" saya mulai perih segera harus diisi. Kami langsung bergegas ke resto yang terletak di seberang camp kami.


Kolam pemandian air panas, Arkhangai, Mongolia
Menu makan malam sudah sepaket dengan kamar yang kami pesan, jadi ya standard dari hotel, bisa milih menu lain dengan catatan harus bayar lagi! Dengan porsi yang besar saya tidak perlu order makanan lain. Nahhh yang beda nih, pencuci mulut alias dessert, yogurt. Mongolian Yak Home made yogurt. Yogurt yang terbuat dari susu murni hewan khas Mongolia. 


Yummmboo lets dine in




Yak yogurt - its NOT yak at all
Saat buka pintu di pagi hari, alangkah terkejutnya saya. Wow, ada salju! Sang surya mengintip di sela-sela pohon pinus yang tertutup butiran-butiran putih kecil yang terus berjatuhan dari langit. 

Ger camp yang tertutup salju


hohoh pertama kali pegang salju man.. 



Saya beruntung bisa merasakan dinginnya salju. Padahal menurut kawan saya, Bulan Juli tidak ada salju.

Labels: , ,